Cari Blog Ini

Jumat, 06 Mei 2011

BID'AH

وَاْلبِدْعَةُ فِى اْلَصْلِ إِحْدَثُ اَمْرٍلَم ْيَكُنْ فِى زَمَنِِ رَسُْلِ اللهِ صلى الله عليه سلم. ثُمَّ اْلبِدْعَةُ عَلَى نَوْعَيْنِ اِنْكَانَتْ مِمَّا يَنْدَوِجُ تَحْتَ مُسْتَحْسِنِ فِى الشَّرْعِ فَهِىَ بِدْعَةُ حَسَنَةٌ, وَاِنْ كَانَتْ مِمَّا يَنْدَوِجُ تَحْتَ مُسْتَقْبَحٍ فِى الشَّرْعِ فَهِىَ بِدْعَةُ مُسْتَقْبَحَةٌ (الحَافِظْ بَدْرالدين العين عمدة القارئ 11/126)
1. Defenisi Bid'ah
Bid'ah adalah mengerjakan sesuatu yang baru yang belum ada atau tidak pernah dikenal pada masa Rasulullah Saw.
Al-Imam Al-'Aini menyatakan:
" Bid'ah pada mulanya adalah mengerjakan sesuatu yang belum pernah ada pada masa Rasulullah Saw kemudian bid'ah itu ada dua macam. Apabila masuk dalam naungan sesuatu yang dianggap baik oleh syara' maka disebut bid'ah hasanah. Apabila masuk di bawah naungan sesuatu yang dianggap buruk oleh syara' maka disebut bid'ah tercela ".
(al-hafidz badrudin al-aini. 'Umdatul al-Qori, II/126)
2. Ada dua golongan atau kelompok yang berpandangan bahwa semua bid'ah itu sesat dan setiap kesesatan pasti masuk neraka. Pandangan seperti ini tidak diikuti mayoritas umat Islam, hanya diikuti oleh beberapa kelompok kecil seperti pengikut Wahabi, Ibnu Bat, al-utsaimin, al-alban, ar-rabi, dll.
3. Ada golongan atau kelompok yang terdiri dari mayoritas umat Islam Ahli Sunnah Wal Jama'ah dari kalangan sahabat Nabi Saw, ulama' salaf. Para imam mujtahid dan ahli hadits populer dalam setiap kurun waktu. Kelompok ini mempunyai pandangan bahwa bid'ah ada dua macam:
a) Bid'ah Dholalah
b) Bid'ah Hasanah
a. Bid'ah Dlolalah adalah sesuatu yang baru yang menyalahi al-Qur'an atau sunnah atau Ijma'
b. Bid'ah Hasanah adalah sesuatu yang baru dalam kebaikan yang tidak menyalahi Al-Qur'an atau Sunnah atau Ijma'.
Seperti beberapa sumber di bawah ini:
a. Imam Syafi'i berkata:

اَلْمُحَدَثَاثُ ضَرْبَانِ . ماأُحْدِثَ يُخَالِفُ كِتَابًا اَوْ سُنَّةً اَوْاِجْمَاعًا فَهُوَ ِبدْعَةُ الضَّلاَلَةُ. وَمَا اُحْدِثَ فِى اْلخَيْرِ لاَيُخَالِفُ شَيْأً مِنْ ذٰلِكَ فَهُوَ مُحَدَثَةٌ غَيْرُ مَذْمُوْمَةٍ. (الحافظى البيهقى . مناقب الإمام الشافعى. ١٠ /٤٦٩ )
Artinya:
" Bid'ah ada dua macam, pertama sesuatu yang baru menyalahi Al-Qur'an atau sunah atau Ijma' dan itu disebut Bid'ah Dlolalah atau tersesat. Kedua sesuatu yang baru dalam kebaikan yang tidak menyalahi Al-Qur'an, sunnah dan Ijma' dan itu disebut Bid'ah yang tidak tercela ".
(Al-Baihaqi, Manaqib Al-Syafi'i/469)

b. Bahkan al-Imam Al-Syafi'i menafikan nama bid'ah terhadap sesuatu yang mempunyai landasan dalam syara' meskipun belum pernah diamalkan oleh ulama salaf. Dalam hal ini beliau berkata:

فَقَالَ الشَّافِعِىرضى الله عنه: كُلُّ مَالَهُ مَسْتَنَدٌ مِنَ الشَّرْعِ فَلَيْسَ بِبِدْعَةِ وَلَوْلَمْ يَعْمَلْ بِهِ السَّلَفُ ِلاَنَّ تَرْكَهُمْ لَلْعَمَلَ بِهِ قَدْ يَكُوْنُ لِعُذْرٍ قَامَ لَهُمْ فِى اْلوَقْتِ اَوْلِمِا هُوَ اَفْضَلُ مِنْهُ اَوْ لَعَلَ لَمْ يَبْلُغْ جَمِيْعَهُمْ عَلَيْهِ بِهِ.( الحافظى الغمارى اتقان الصنعه فى تحقيق معنى البدعة. ص . 5 )
Artinya:
Setiap sesuatu yang mempunyai dasar dan dalil-dalil syara' meskipun belum pernah diamalkan oleh ulama salaf. Karena sikap mereka yang meninggalkan hal tersebut terkadang karena ada udzur yang terjadi pada saat itu, atau karena ada amaliyah lain yang lebih utama dan atau barangkali hal itu belum diketahui oleh mereka.
(Al-Hafidz Al-Ghomariyu Itqonussunnah fitahqiqi makna bid'ah)
c. Al-imam Izzuddin Abdis Salam membagi bid'ah menjadi lima bagian. Dalam pandangannya bid'ah itu terbagi menjadi lima bagian
1. Bid'ah Wajibah
2. Bid'ah Mandubah
3. Bid'ah Mubahah
4. Bid'ah Makruhah
5. Bid'ah Muharromah

Dalam hal ini beliau menyatakan

اَلبِدْعَةُ فِعْلُ مَالَمْ يُعْهَدْ فِى عُصْرِ رَسُولِ اللهِ ص.م. وَهِىَ مُنْقَسَمَةٌ اِلَى بِدْعَةِ وَاجِبَةٍ وَبِدْعَةِ مُحَرَمِةٍ وَبِدْعَةِ مَنْذُوْبَةٍ وَبِدْعَةِ مَكْرُوْهَةٍ وَبِدْعَةُ مُبَاحَةٍ وَالطَّرِيْقُ فِى مَعْرِفَةِ ذٰلِكَ اَنْ تَعْرَضَ اْلبِدْعَُةَ عَلَى قَوَاعِدِ الشَّرِيْعَةِ. فَاِنْ دَخَلَتْ فِى قَوَاعِدِ اْلاِيْجَابِ فَهُوَ وَاجِبَاتٌ. وَاِنْ دَخَلَتْ فِى قَوَاعِدِ التَّحْرِيْمِ فَهِىَ مُحَرَّمَةٌ. فَاِنْ دَخِلِتْ فِى قَوَاعِدِ الْمَنْذُوْبِ فَهِىَ مَنْذُوْبَةٌ. وَاِنْ دَخَلِتْ فِى قَوَاعِدِ الْمُبَاحِ فَهِىَ مُبَاحَةٌ. وَلِلْبِدَعِ الْوَاجِبَاتِ اَمْثِلَةٌ:إِحْدَهَا اْلإِشْتِغَالُ بِعِلْمِ النَّحْوِ الَّذِى يُفْهَمُ بِهِ كَلاَمُ اللهِ. وَكَلاَمُ رَسُوْلِهِ ًص.م. وَذٰلِكَ وَاجِبٌ ِلاَنَّ حِفْظَى الشَّرِيْعَةِ وَاجِبٌ وَلاَ يَتَأَتَى حِفْظُهَا اِلاَّ بِمَعْرِفَةِ ذٰلِكَ وَمَا لاَيَتِمُ اْلوَاجِبِ اِلاَّ بِهِ فَهُوَوَاجِبٌ .
اَلْمِثَالُ الثَّانِى: اَلْكَلاَمُ فِى الْجَرْحِ وَالتَّعْدِيْلِ لِتَمْيِيْزِ, الصَّحِيْحِ مِنَ السَّقِيْمِ.
وَلِلْبِدَعِ الْمُحَرَّمَةِ أَمْثِلَةٌ: مِنْهَا مَذْهَبُ اْلقَدَرِيَّةِ وَمِنْهَا مَذْهَبُ اْلجَبَرِيَّةِ وَمِنْهَا مَذْهَبُ اْلمُرْجِئَةِ وَمِنْهَا مَذْهَبُ اْلمُجَسِّمَةٍ. وَالرَّدُ عَلَى هٰؤُلاَءِ مِنَ اْلبِدَعِ اْلوَاجِبَةِ.
وَلِلْبِدَعِ اْلمَنْذُوْبَةِ أَمْثِلَةٌ : مِنْهَا اِحْدَاثُ اْلمَدَارِسِ وَبِنَاءُ اْلقَناَطِرِ. وَ مِنْهَا كُلُّ اِحْسَانٍ لَمْ يُعْهَدْ فِى اْلعُصْرِ اْلاَوَّلِ . وَمِنْهَا صَلاَةُ التَّرِاوِيْحِ .
وَلِلْبِدَعِ اْلمَكْرُوْهَةِ أَمْثِلَةٌ : مِنْهَا زَخَزَفَةُ اْلمَسَاجِدَ وَمِنْهَا تَزْوِيْقُ اْلمَصَاحِفِ. وَلِلْبِدَعِ اْلمُبَاحَةِ أَمْثِلَةٌ : مِنْهَا التَّوْسِعُ فِى اللَّذِيْذِ مِنَ الْمَأْكُلِ وَالْمَشَارِبِ وَالْمَلاَبِسِ وَالْمَسَاكِنِ وَلُبْسِ الطَّيَالِسَةِ وَتَوْسِيْعِ اْلأَكْمَامِ. الامام عز الدين بن عبد السلام قواعد الاحكام .٢/١٣٣
Artinya:
" Bid'ah adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikenal atau terjadi pada masa Rasulullah Saw.
Bid'ah dibagi menjadi lima, bid'ah wajibah, bid'ah muharromah, bid'ah makruhah, bid'ah mandubah, bid'ah mubahah. Jalan untuk mengetahui hal itu adalah dengan membandingkan bid'ah pada kaidah-kaidah syari'at. Apabila bid'ah itu masuk pada kaidah-kaidah wajib maka menjadi bid'ah wajibah. Apabila masuk pada kaidah haram, maka bid'ah muharromah. Apabila masuk kaidah sunat maka bid'ah mandubah. Dan apabila masuk pada kaidah mubah maka bid'ah mubahah.
Bid'ah wajibah mempunyai banyak contoh salah satunya adalah menekuni ilmu nahwu sebagai sarana memahami Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah Saw. Hal ini hukumnya wajib karena menjaga syari'at itu wajib dan tidak mungkin dapat menjaganya tanpa mengetahui ilmu nahwu. Sedangkan sesuatu yang menjadi sebab terlaksananya perkara wajib maka hukumnya wajib.
Kedua berbicara dalam Jarhi dan Ta'dil untuk membedakan hadits yang shohih dan lemah.
Bid'ah Muharromah banyak memiliki contoh diantaranya bid'ah ajaran Qodariyah, Jabariyah, Murji'ah, dan Mujasimah. Sedangkan menolak terhadap bid'ah-bid'ah tersebut termasuk bid'ah yang wajib.
Bid'ah Mandubah memiliki banyak contoh, diantaranya mendirikan sekolah-sekolah, jembatan-jembatan, dan setiap kebaikan yang belum pernah dikenal pada generasi pertama diantaranya adalah Shalat Tarawih
Bid'ah Makruhah memiliki banyak contoh, diantaranya memperindah bangunan masjid dan menghiasi mushaf Al-Qur'an
Bid'ah Mubahah memiliki banyak contoh, diantaranya menjamah makanan dan minuman yang lezat-lezat, pakaian yang indah, tempat tinggal yang mewah, memiliki baju kebesaran ". dll. (Qawaid al-ahkam fi masalih al-anam, 2/133)

4. Bid'ah yang tercela adalah sesuatu yang belum pernah ada pada masa Rasulullah Saw yang masuk dalam naungan sesuatu yang dianggap buruk oleh syara'
Adapun golongan atau kelompok yang termasuk bid'ah dlolalah/tercela ada 72 golongan diatas, seperti yang telah dijelaskan dalam hadits di Bab I.
5. 72 golongan diatas seperti yang dikatakan Al'Alamah al-Mujtahid As Syekh Ali bin Abi Bakar bin As Saqofi Alawi didalam kitabnya " Ma'ariful Hidayah"

(مَسْئَلَةٌ) قَالَ اْلعَلاَمَةُ اْلمُجْتَهِدِ الشَّيْخِ عَلِىِ بْنِ أَبِى بَكَرِى بْنِ السَّقَافِ عَلَوِىِ نفعَنَا اللهُ بِهِ فِى كِتَابِهِ مَعَارِجِ اْلِهدَايَةِ. فَصْلٌ : وَاحْذَرْ يَاأَخِى مِنَ اْلبِدَعِ وَاَهْلِهَا وَانْبَذْهَا وَاهْجُرْاَهْلاَهَا وَاعْرِضْ عَنْ مُجَالَسَةِ اَرْبَابِهَا. وَاعْلَمْ اَنَّ أُصُوْلَ اْلبِدَعِ فِى اْلأُصُوْلِ كَمَا ذَكَرَهُ اْلعُلَمِاءُ يُرْجَعُ اِلَى سَبْعَةٍ. َاْلاَوَّالُ اَلْمُعْتَزِلَةُ اْلقَاتِلُوْنَ بِاَنَّ اْلعِبَادِ خَالَقُوْا أَعْمَالَهُمْ وَيَنْفَوْنَ الرُّؤْيَةَ وَيُوْجِبُوْنَ الثَّوَابَ وَالْعِقَابَ وَهُمْ عِشْرُوْنَ فِرْقَةً. وَالثَّانِى اَلشِّيْعَةُ الْمُغْرِطَةُ فِى حُبِّ سَيِّدِنَا عَلِى كرم الله وجهه. َوهُمْ إِثْنَاِن وَعِشْرُوْنَ فِرْقَةً. وَالثَّالِثُ اَلْخَوَارِجُ اَلْمُغْرِطَةُ بُغْضَ عَلِى رضى الله عنه اَلْمُكَفِرَةِ لَهُ وَلِمَنْ أَذْنَبَ ذَنْباً كَبِيْراً وَهُمْ عِشُْوْنَ فِرْقَةً. وَالرَّابِعُ اَلْمُرْجِئَةُ اَلْقَائِلَةُ وَاْلخَامِسُ اَلنِّجَارِيَّةُ اَلْمُوَافَقَةُ ِلاَهْلِ السُّنَةِ فِى الْخُلُقِ اْلاَفْعَالِ. وَلِلْمُعْتَزِلَةِ فِى نَفْىِ الصِّفَاتِ وَحُدُوْثِ الْكَلاََمِ وَهُمْ ثَلاَثُ فِرَقٍ. اَلسًّادِسُ اَلْجَبَرِيَّةُ اَلْقَائِلَةُ بِسَلَبِ اْلاِخْتِيَارِ عَنِ اْلعِبَادِ وَهُمْ فِرْقَةُ وَاحِدَةٌ. وَالسَّابِعُ اَلْمُشَبِهَةُ الَّذِيْنَ يُشْبِهُوْنَ الْحَقَّ بِالْخَلْقِ فِى اْلجِسْمِيَّةِ وَاْلحُلُوْلِ وَهُمْ فِرْقَةٌ وَاحِدَةٌ اَيْضاً. فَتِلْكَ اِثْنَانِ وَسَبْعُوْنَ. كُلُّهُمْ فِى النَّارِ.
وَاْلفِرْقَةُ النَّاجِيَةُ هُمْ أَهْلُ السُّنَّةِ اَلْبَيْضَاءِ اَلْمُحَمَّدِيَّةِ وَالطَّرِيْقَةُ النَقِيَّةِ وِلَهَا ظَاهِرٌ يُسَمَى بِالشَّرِيْعَةِ شَرِيْعَةٌ لِلْعَامَةِ وَبَاطِنٌ رُسِمَ بِاالطَّرِيْقَةِ مَنْهَاجاً لِلْخَاصَّةِ. وَخُلاَصَةٌ خُصَّتْ بِالْحَقِيْقَةِ مِعْرَاجاً. َلأَخَصِى الْخَاصَّةِ فَاْلاَوَّلُ نَصِيبُ اْلاَبْدَانِ لِلْخِدْمَةِ. وَالثَّانِى نَصيْبُ اْلقُلُوْبِ مِنَ اْلعِلْمِ وَالْمَعْرِفَةِ وَالْحِكْمَةِ. وَالثَّالِثُ نَصِيْبُ اْلأَرْوَاحِ مِنَ الْمُشَاهَدَةِ وَالرُّؤْيَةِ . أهى. ( بغية المسترشدين. ص. ٢٩٨)

Artinya:
" Wahai saudaraku jauhi, takuti, dan tinggalkan dari semua bentuk bid'ah dan berpalinglah dari Ahli Bid'ah. Dan ketahuilah bahwa pokok-pokok bid'ah seperti yang dikatakan para ulama kembali pada 7 bagian:
1. Golongan Mu'tazilah mengatakan bahwa semua hamba Allah menjadikan perbuatannya dan menafikan rukyah, dan mewajibkan pahala dan siksa. Semua ada 20 golongan.
2. Golongan Syi’ah yang berlebihan mencintai Sayyidina Ali Karomallahu Wajhah. Semua ada 22 golongan
3. Golongan Khawarij, yang memberontak, membenci, dan mengkafirkan kepada Sayyidina Ali Karromallahu Wajhah dan semua orang yang melakukan dosa besar semua ada 20 golongan
4. Golongan Murjiah yang menyatakan bahwa maksiat tidak berpengaruh kepada iman dan thoat bermanfaat karena kufur. Semua ada 5 golongan
5. Golongan Najariyah yang sepakat dengan ahli sunnah di dalam menjadikan perbuatan dan sepakat dengan Mu'tazilah didalam menafikkan sifat dan hudutsul kalam dan semua ada 3 golongan
6. Golongan Jabariyah, yang berpendapat bahwa ikhtiyar itu lepas dari hamba Allah, ada 1 golongan
7. Golongan Musyabihah, yaitu golongan yang menyerupakan Allah dan makhlukNya didalam bentuk jisim dan mengambil tempat, ada 1 golongan.

Dari semua golongan tersebut berjumlah 72 golongan, semuanya masuk neraka. Dan kelompok yang selamat adalah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah". (Bughyatul Mustarsyidin H. 298).

قَالَ الشَّافِعِى رضى الله عنه : مَاأُحْدِث وَخَالَفَ كِتَاباً اَوْسُنَّةًاَواِجْمَاعاً اَوْأَثًراً فَهُوَ البِدْعَةُ الضَّلاَلَةُ وَمَا أُحْدِثَ مِنَ الخَيْرِ وَلَمْ يُخَالِفُ شَيْئاً مِنْ ذٰلِكَ فَهُوَ البِدْعَةُ المَحْمُوْدَةُ (سرج الطالبين الجزأ الأوال صحيفة 109)
وَأَمَّاالبِدْعَةُ السَّيِّئَةُ فَهِىَ مَا خَالَفَ شَيْأًمِنْ ذٰلِكَ صَرِيْحًا اَوْاِلْتِزَاماًقَدْتَنْتَهِى اِلَى مَا يُوْجِبُ التَّحْوِيْمَ تَارَةُ وَالْكَرَاهَةُ اُخْرَى وَإِلَى مَا يُظَنُّ أَنَّهُ طَاعَةً وَقُرْبَةً. فَمِنَ الأَوَالِ اَلأِنِتِمَاءُ اِلَى جَمَاعَةٍ يَزْغَمُوْنَ التَّصَوُفُ وَيُخَالِفُوْنَ مَاكَانَ عَلَيْهِ مَشَايِخُ الطَّرِيْقَةِ مِنَ الزُّهْدِ وَالْوِرَاعِ وَسَائِرِ الْكَلِمَاتِ الْمَشْهُوْرَةِ عَنْهُمْ بَلْ كَثِيْرٌ مِنْ أُولـٰئِكَ إِبَاحِيَّةً لاَ يُحَرِّمُوْنَ حَرَاماً لَتَلْبِيْسِ الشَّيْطَانِ عَلَيْهِمْ اَحْوَالُهُمُْ القَبِيْحَةِ الشَّنِيْعَةِ. فَهُمْ بِأِسْمِ الفُسُوْقِ وَالْكُفْرِ أَحَقُّ مِنْهُمْ بِاِسْمِ التَّصَوُفِ اَوِالْفَقِيْرِ (سرج الطالبين الجزأ الأوال صحيفة 109)
Imam syafi’i RA. Berkata :
Sesuatu yang baru yang menyimpang dari kitab AL-QUR’AN, atau SUNNAH ROSUL atau ijam’ sahabatatau jejak para tabi’in dab salafu sholih maka dinamakan BID’AH DLOLALAH (tercela) dan sesuatuyang baru dari kebaikan yang tidak menyimpang dari Al-Qur’an, Al-Hadist Ijma’ dan Qiyas maka dinamakan Bid’ah Mahmudah (Terpuji) (Sirojul altholibiina juz Awal Shohifah 109)
Adapun bid’ah Syayi’ah (tercela) yaitu sesuatu yang menyimpang dari Al-Qur’an, Al-Hadist Ijma’ dan Qiyas secara langsung atau jelas atau iltizam yang puncaknya menjadi haram dan makruh dan menjadi sesuatu yang dikira taat atau ibadah.
Setengahdari awal (haram) mengeklaim dirinya menjadi jama’ah yang dikira ahli tashawuf padahal mereka menyimpang dari ketentuan masyayih Thoriqoh dari hal Zuhud dan wiro’inya dan semua kalimat yang masyhur dari beliau , Bahkan dari mereka banyak yang menetapkan sesuatu menjadi mubah dan tidak pernah mengharamkan sesuatu yang jelas haram, karena mereka terbujuk oleh rayuan syaitan dalam menjalankan kejelekan yang sangat buruk maka mereka lebih pantas mendapat label faseq / Kufur dari pada menamakan dirinya ahli tashawuf. (Terpuji) (Sirojul altholibiina juz Awal Shohifah 109)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar